Selasa, 09 Juli 2013

Back up data..

Assalamu'alaikum wr wb..

Alhamdulillah mulai nulis lagi.. Setelah lama ga nengok blog sendiri he..he.. Bebersih dulu banyak debu ya.. :)

Marhaban Ya Ramadhan.. 
Alhamdulillah .. Marhaban Ya Ramadhan.. 
Mohon maaf lahir dan batin atas segala khilaf baik sengaja maupun tidak.. 

Yuks, mau nyoba untuk lebih rajin berbagi kisah lagi. Biar ada jejak yang bisa diambil pelajaran.. Setelah beberapa bulan jadi CS, hal yang paling sering terabaikan oleh banyak satker adalah back up data.. Penting banget teman, ngback up data rutin minimal 1 bulan sekali untuk tiap aplikasi yang dimiliki.. Beberapa kejadian fatal yang ditemukan disini adalah penghapusan data secara sengaja oleh oknum  nakal di satker.. Back up data menjadi alternatif solusi jika komputer/laptop kantor terjadi sesuatu misalnya hilang(kejadian juga nih), rusak, atau ga sengaja terhapus, dll.. 

Sebaiknya back up data aplikasi disimpan di komputer lain dan juga eksternal hardisk khusus yang dipegang oleh orang yang terpercaya(bisa KPA/PPK).. Back up data sebaiknya juga berasal dari menu di aplikasi dan juga copy folder dari aplikasi dan database nya, sediakan folder khusus dengan nama bulannya. 

Misal nih :

  1. Aplikasi SPM : back up data dari menu utility -> back up.. Cara kedua copy folder 'aplikasiSPM2013 dan DBSatker(sebelumnya matikan dulu mysql nya).. 
  2. Aplikasi  GPP : back up data dari menu utility -> back up..  Cara kedua copy folder 'aplikasigpp2013 dan Mygpp(sebelumnya matikan dulu mysql nya).. 





Tidak ada komentar:

Posting Komentar