Senin, 22 Juli 2013

Crash!!

 Crash!
Assalamu'alaikum wr wb..

Happy fasting! Ramadhan mubarok semoga temanz diberikan kelapangan rezeki, waktu dan keistiqomahan untuk meningkatkan kualitas diri :)..

Minggu lalu sempet dibuat pening gegara aplikasi SPM yang ga mau kebuka di laptop satker. Kronologi erornya setelah diupdate aplikasi SIMAK-BMN yang baru. Dicoba deh dicek.. Sebelumnya, data udah diamankan dengan dicopy folder. Coba install ulang aplikasi SPM saat masih kosong belum ditimpa DBSATKER masih aman SPM bisa dibuka.. Begitu ditimpa, eror lagi tak mau dibuka.. Dicoba sampai 3x tak berhasil.. Nyoba ngecek  eksistensi 'service.msc' ternyata nihil.. Coba ganti laptop, diulang langkah seperti tadi hasil sama.. Huhu.. Singkat cerita dicoba deh ma CS yang terdahulu, dibuka tuh di administrative tools, bagian service, trus dimatiin service nya SIMAK-BMN.. Hulaa. Buka aplikasi SPM, terbuka deh.. Tuntas.. Alhamdulillah.. Memang ya, pengalaman adalah guru terbaik.. Moral of the story, saat bertemu dengan masalah coba cari second opinion. Karena tiap masalah pasti ada jalan keluarnya, orang yang berpengalaman itu pasti ada aja..

Satu lagi nih, PENTING sebaiknya aplikasi SIMAK dan SPM  tidak berada dalam satu laptop/komputer yang sama. . Kecuali mau repot untuk mati-hidupkan service tiap mau pakai aplikasi SPM..

Ups ya, tadi dapat ilmu baru lagi. Setelah update SIMAK-BMN versi 13.1.2, kode satker, BA, Es 1, wilayah harus sama persis klo ada yang ga sama, maka data  dari SIMAK  tidak bisa diterima alias ada warning 'file tidak ada'.. So, cek-cek ulang ya. Klo misalnya kode wilayah ga sama, maka yang disesuaikan di aplikasi SAKPA. Back up dulu data aplikasi sakpa. Trus buka dengan user 'admin', buat baru satker dengan kode wilayah baru, yang lama dihapus dulu ya.. Bikin user baru lagi. Buka dengan user baru trus di menu proses, klik 'konversi kode satker berubah', langsung deh disitu ada pilihan file dan folder yang akan dikonversi. Jika proses sudah dilakukan dan berhasil maka data otomatis sudah terpindahkan, jangan lupa posting yak.. Nah, bisa diulang tuh untuk terima data dari SIMAK..

He..he.. Mungkin dengan tulisan gini agak lieur. Klo udah beres pindahan ke bogornya sya belajar untuk nambahin visual deh pake gambar...


Semoga bermanfaat.. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar