Senin, 15 Juli 2013

Obrolan tentang honor..

Assalamu'alaikum wr wb..

Alhamdulillah dapet charge lebih ya, setelah week end.. :)

Yuk mari ngobrolin tentang pejabat perbendaharaan dan pengelola keuangan.. Satu tim lengkap yang ada di tiap satker sederhana. Pejabat Perbendaharaan klo dari PMK-190/pmk.05/2012 itu terdiri dari KPA, PPK, PPSPM dan BP. Klo untuk pengelola keuangan terdiri dari staf pengelola keuangan bisa sebagai staf PPK dan atau PPSPM plus operator aplikasi SPM, SAKPA dan SIMAK. Oh ya tertinggal petugas pengelola barang.

Nah khususon PPK, dalam Perpres 70 tahun 2012, maka disana ada syarat harus memiliki sertifikat pengadaan barang dan jasa.. Ada pengecualian memang yaitu apabila PPK dirangkap oleh KPA dan satu lagi saya lupa.. He..he.. Pertanyaannya nih klo di satker tersebut punya 4 DIPA yang berbeda dengan 4 kode satker yang berbeda pula misal kemenag tapi PPK adalah satu orang pegawai yang sama karena Cuma ybs yang memiliki sertifikat pengadaan barang jasa, honornya dapat 1 atau 4?? Eng ing eng.. Ini pertanyaan muncul pas sosialisasi PMK-190 bulan Januari lalu..  Menurut temenz apa hayooo??

Hasil diskusi dengan kk  dan petugas CS saat itu maka jawabnya PPK tersebut berhak atas 4 honor PPK dengan nilai sesuai dengan pagu  POK masing2 DIPA (kan ada batasannya yak, jika pagu sekian M maka onor sekian).. Why? Karena 1 DIPA merupakan 1 entitas keuangan yang mempunyai sasaran output tertentu, tentunya saat beda DIPA berarti beda output yang akan dicapai. Beda DIPA beda kerjaan, beda tanggung jawab, inget loh PPK ini tanggung jawabnya gedhe. Sebagai petugas yang menerima pendelegasian tugas oleh KPA untuk berhubungan dengan pihak ke-3 aka rekanan dan membuat komitmen/kontrak.. Inga-inga kasus2 besar yang menjadi sorotan publik diawali dengan ketidak beresan di level hubungan PPK dan pihak ketiga..

Lah terus klo KPA merangkap PPK dapet honor dobel kah??? Ya gak lah, alias hanya satu aja honornya. Karena tugasnya kan masih dalam 1 DIPA yang sama pun tugas PPK pada dasarnya tugas KPA yang didelegasikan, berhubung tak ditunjuk PPK alias dirangkap ya honor pun hanya dibayar salah satu aja dengan besaran yang paling menguntungkan pegawai ybs..

Trus-trus klo staf PPK dan atau PPSPM nih merangkap jadi operator SAKPA pegimane tuh honornya?? ...
....
....
....
Hemm bersambung yak untuk besok.. :D..


Semoga bermanfaat.. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar