Selasa, 12 Juni 2012

Random Activity..

Sekian lama tak update blog ini.. Ada beberapa perkembangan terbaru dan sudah jadi pembicaraan dimana-mana, diulas lagi ya :

1. Gaji ke-tiga belas tahun 2012. 

Satu minggu ini hampir tiap satker yang mengajukan spm ke KPPN selalu bertanya tentang hal ini, baik yang bertanya tentang aturan, kapan waktu pengajuan spmnya maupun update aplikasi pendukung GPP nya. 

Sejak diterbitkannya PP No. 57 tahun 2012  yang diblow-up media massa, tema gaji ke-tiga belas menjadi trending topic di KPPN. Sabar ya para stakeholder, kami masih menunggu juknis dalam bentuk Peraturan Menteri Keuangan (PMK) sampai dengan Peraturan/Surat Edaran Direktur Jenderal Perbendaharaannya.


2. Tingkat akurasi Perencanaan Kas(Renkas) via aplikasi RKAKL-DIPA.

Masih ingat kan, hampir 3 minggu yang lalu kami menyelenggarakan Bimtek Aplikasi AFS integrated RKAKL-DIPA 2012, saat ini lah kami ingin melihat dampak pelaksanaannya. Jika dilihat dari kedisiplinan mengirim data awal baik itu harian, mingguan dan bulanan sudah ada peningkatan yang cukup signifikan. Namun, ternyata jika dilihat dari tingkat akurasinya masih banyak kendala yang kami hadapi salah satunya perencanaan yang sering meleset dan nilainya melebihi 5% baik di renkas harian, mingguan maupun bulanan. 

PR besar bagi kami untuk membantu para satker untuk meningkatkan kualitas akurasi perencanaan kas ini sebagai amanah dari PMK 192 tahun 2009.  Kendala prioritas yang harus diselesaikan adalah kesamaan persepsi untuk tim pengelola keuangan di tingkat satker. Tanpa adanya kesamaan persepsi maka akurasi yang baik dan tinggi dalam perencanaan kas mustahil terwujud.

Tim pengelola keuangan terdiri dari KPA, PPK, PP SPM, Bendahara, Staf keuangan dan Operator. Seringkali kali dapati hanya sebagian kecil dari tim pengelola keuangan di tingkat satker yang mempunyai kesamaan persepsi terutama di bidang perencanaan kas.. 

kunjungan pejabat kanpus.. ceritanya postingan di postingan selanjutnya ya...;)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar