Jumat, 16 Agustus 2013

Spesies lama muka baru..

Assalamu'alaikum wr wb.. 

Alhamdulillah besok mulai week end ya.. Met berlibur teman, semoga bisa mere-charge energi dan kembali segar di hari senin :).. 

Imbas dari pembinaan salah satu instansi vertikal kami, satker mulai menanyakan prosedur retur. Ya, poinnya tentang retur dari sp2d tahun anggaran yang lalu bisa 2012, 2011. Kelengkapannya agak lebih banyak dibanding retur sp2d yang terjadi tahun anggaran berjalan. Kenalan nih ma yang namanya retur. Retur itu terjadi karena beberapa sebab, seringnya karena salah input nama/nomor/alamat rekening di SPM atau bisa juga karena rekening dalam kondisi pasif. Dasar hukumnya adalah Per-74/PB/2011 dan telah diperbaharui dengan Per-33/PB/2012.. Link download nya langsung ke ftp perbendaharaan jadi sepertinya belum bisa diakses oleh jaringan internet satker. 

Mulai tahun ini proses retur untuk surat jawaban sudah bisa dilakukan via aplikasi spm kecuali untuk salah satu bank. 

Nah, selain retur yang lagi ng-hits ditanyain adalah "koreksi/ralat spm". Kesalahan yang muncul biasanya salah kode 6 digit akunnya atau kesalahan nominal untuk tiap akun 6 digit dimana sudah bukan kewenangan kppn lagi untuk mengecek. Dasar hukumnya adalah Per-89/PB/2012. Pengajuan surat ralat oleh satker dilengkapi dengan daftar rincian koreksi data, copy spm-sp2d lama, dan spm yang telah dikoreksi(berubah data berubah juga barcodenya), SPTJM dan adkkoreksi/ralat spm. Klo yang ini surat2nya manual semua ya.. 

So, bagi teman2 pengelola keuangan semoga makin teliti ya sehingga ga ketemu dengan spesies yang sya ungkapkan diatas. Semakin banyak energi dan waktu yang terbuang klo harus mengalaminya. Tetap semangat mengemban tugas..

:)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar