Kamis, 12 September 2013

100 hari kurang

Assalamu'alaikum wr wb..

Pa kabar kawan? Semoga kesehatan, kebahagiaan dan rasa syukur senantiasa menjadi bagian dari hidup kita :). Minggu kedua September hujan belum sering berkunjung di sukabumi. Cuaca kadang berubah secara ekstrim, musti ekstra jaga kondisi ya kawan. Virus dan bakteri mudah menyerang saat kondisi tubuh lemah, ga cuma di laptop atau kompie tempat qt sehari-hari mengolah data. Mencegah lebih baik daripada mengobati, jaga diri dengan pola makan yang teratur dan istirahat cukup. Paling penting sih jaga pola pikir jangan sampe stress berlebihan ya.. Ok, back to tema kepanjangan ini prolognya.. :)

Hari-hari disini belum terlalu ramai, masih agak sepi setelah diserbu satker untuk rekon dan mengajukan gaji. Tapi sudah mulai ada perbedaan untuk penerimaan SPM LS kontrak mulai bertambah jumlah utamanya spm jaminan uang muka. Lupa-lupa ingat udah pernah nulis atau belum. Yang jelas dasar hukum nya PER-19/pb/2013 ya.. Donlot dari sini ya. Perhatikan benar ya, jaminan uang muka jangan sampe lebih kecil dibandingkan nominal yang akan diminta di SPM okeh. Lebih baik cek, cek dan cek lagi dibandingkan harus bolak balik karena salah hitung kan ya. 

Kejadian retur masih cukup lumayan hilir mudik, terutama untuk LS ke pihak ketiga. Akan lebih baik jika pengelola keuangan dan lebih utamanya PPK plus PPSPM untuk mencocokkan nama dan nomor rekening pihak ketiga dengan rekening koran CV/PT yang bersangkutan. Rugi energi kan ya klo sampe retur, mending disave untuk mengelola anggaran dengan lebih bijak.

Beberapa hari yang lalu ada perombakan pejabat daerah alias mutasi. Beberapa satker kena dampak pergantian KPA juga. Butuh waktu untuk adaptasi lagi ya dalam mensolidkan tim keuangan. Plus pr untuk merevisi DIPA, terkait pergantian pejabat perbendaharaan. mungkin kedepannya perlu dipertimbangkan pergantian/mutasi pejabat dengan target satker yang ingin dicapai. Bulan lalu mulai terasa penambahan volume revisi DIPA baik yang pengesahannya dari Kanwil maupun DJA. Ada beberapa satker yang baru mendapatkan penambahan anggaran secara signifikan, akibatnya satker sedikit kelimpungan untuk membelanjakannya dengan berbagai kendala internal.

Berita lain, bulan ini layanan KPPN Mobile ditiadakan 2x, karena lokasinya digunakan untuk pemberangkatan para calhaj. Pokoknya campur-campur nih.. Oh ya di kantor sedang ada pembagian kuisioner ke satker, harapannya bisa menjadi tolak ukur menilai kepuasan para pemangku kepentingan alias stakeholder yang kami layani. Beberapa poin sarana prasarana jelas belum tersedia, musti segera berbenah nih kantor. Doakan ya kami bisa lebih baik :). 

Minggu depan akan ada sosialisasi terutama untuk satker dengan penyerapan masih di bawah 25%. Serius nih, udah pertengahan bulan ke-9 masih belum tercapai.. Beberapa sih sudah terdeteksi, kendalanya di proses lelang yang cukup berlarut-larut, ada yang sampe dua kali lelang belum dapat pemenang loh saking standar kualifikasi  produk yang tidak terpenuhi. Ada juga yang memang tujuan penyaluran dana untuk bansos memang baru turun di akhir bulan agustus. Klo diteliti kendalanya memang di luar kewenangan kami ya, jadi ya satker musti lebih aktif untuk menyelesaikan problemnya. Ups, jadi semakin jelas juga klo kebutuhan terkait proses pengadaan barang dan jasa perlu ditambah agar terjalin koordinasi yang baik antara pihak perencanaan dan pengadaan. 

Sekian gado-gado di malam hari, draft ditulis siang menjelang sore dirampungkan sekarang.. 
 







 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar