Kamis, 27 Maret 2014

Anak Magang


 
Assalamu'alaikum wr wb.

Pagi yang cerah dengan udara nan sejuk menyambut keceriaan hari ini, kamiiis besok jumat dan sabtunya libur.. Wow.. :) Selamat bekerja kawan..

Pernah lihat iklan SMK di TV?? Pernah dong ya, 2-3 tahun lalu iklan itu gencar banget ditayangin di TV. Nah, disini kena dampaknya karena hampir tiap 3 bulan sekali pasti ada anak-anak SMK yang melamar jadi anak magang. Waktunya bervariasi, mulai 1 bulan yang terpendek dan 3 bulan yang terlama. SMK nya pun macem-macem, ternyata sukabumi banyak SMK, klo ditempatmu??

Rata-rata jurusan mereka administrasi perkantoran, dan biasanya kebanyakan anak perempuan. Jadi inget masa-masa magang dulu menunggu sk. Magang =belajar kerja, namapun belajar ya jadi kagak dibayar, kecuali kantornya pengertian ya(berarti disini ga donk?? Hehe tafsirkan sendiri lah yow..).. Dari sekian anak yang udah silih berganti, ada beberapa anak yang patut diacungi jempol. Usia mereka yang muda, masih polos tapiii beneran deh etos kerjanya ngalahin beberapa pegawai dengan mindset lama. Memang biasanya anak magang diperbantukan bukan di pekerjaan pokok kantor. Tapi keberadaan anak-anak yang oke ini beneran sangat ngebantu pekerjaan pendukung misalnya fotocopy, nyusun berkas bahkan bikin surat pengantar  terkadang. Asal sekolah sangat berpengaruh terhadap output anak-anak magang ini. Nah, ada dua SMK yang cukup oke anak-anak magangnya SMK Pasim dan SMK Muhammadiyah. Yang disebut terakhir sudah beberapa kali mengirimkan anak didiknya ke kantor ini, dan hasilnya cukup memuaskan. Anak-anaknya sopan, mau belajar dan cekatan.

Nah, anak-anak yang rajin, etos kerja dan sikapnya bagus memang ga terlalu banyak, tapi sering jadi pengingat masa iya kalah etos kerjanya ma mereka. Dulu kan pernah yak, ngerasain magabut saking terlenanya kerjaan dikit di sekre, males belajar dan nyaman dengan keadaan. Beda ma anak-anak magang yang oke ini, ga hanya berangkatnya disiplin pagi aja, tapi juga seneng klo belajar sesuatu yang baru di kerjaan. Dan lagi peka ya ama kebutuhan, misalnya gini kita sibuk, mereka akan nawarin diri untuk bisa bantu. 

Jaman sya magang dulu sih, kerasa kurang pembelajarnya, trus juga keliatan sok tahunya. Huk huk.. Jangan diulang lagi yaa.. Wkwkwk curcol pagi..

Ciri-ciri anak magang yang oke :
Sikapnya sopan
Kemauan belajarnya tinggi
Punya kepekaan dalam kerja tim
Punya kepribadian yang baik.
Disiplin
Ada beberapa yang kreatif sebagai nilai plus :)

Tulisan ringan sebagai pengingat, agar acara bermain di kantor jadi lebih menyenangkan dan bermanfaat. :)

Kamis, 20 Maret 2014

Regenerasi



Assalamu'alaikum wr wb..

Awan mendung menggelayuti kota ini dalam beberapa hari, menambah sejuk udara dibanding hari-hari biasanya. Bagaimana kotamu? Semoga seperti apapun cuacanya kondisi hati, jiwa dan fikiran kita selalu bersinar secerah mentari ya :)

Yuhuu.. Awal bulan memang memiliki kisah tersendiri, deretan kursi tunggu terisi penuh, mesin antrian bergiliran memanggil  satker  baik untuk mengajukan SPM maupun rekonsiliasi. Berbeda jauh dengan pertengahan bulan, dimana suasana lenggang dengan mudah ditemui. Inilah kota kecil ya, dinamisasinya tak begitu merata.

SPAN, SPAN, dan SDM masih jadi pembahasan terhits di ruang-ruang diskusi disekitar kantor ini. Baik di satker maupun di kppn sendiri. Keluar dari zona nyaman memang membuat kita sadar ternyata tantangan yang ada memang benar-benar menunggu untuk ditaklukkan. Keadaan baru memaksa kita berlari dengan strategi, tak bisa mengandalkan satu-dua orang saja, namun kerja tim lah yang harus ditingkatkan. Perubahan yang diakibatkan penerapan SPAN, mau tidak mau memaksa satker untuk belajar, lebih berhati-hati dan punya tim keuangan yang solid. Semua itu bukan taken for granted tapi dibangun.

Hampir tiga bulan berjalan, alhamdulillah ada sebagian kecil satker yang melakukan regenerasi pengelola keuangan. Yup, penyegaran dan rolling sangat dibutuhkan, apalagi untuk pengelola keuangan.   Lebih dari 3 tahun jadi pengelola keuangan akan menimbulkan kejenuhan. Hehe apalagi kalau tuntutan psikisnya lebih berat jika dibandingkan pekerjan administratifnya ya :). 

 Sampai jumpaa.... Selamat bekerja kakak, jadikan hari ini lebih berwarna dengan kinerja yang terbaik. :)

Senin, 10 Maret 2014

Ada Apa dengan SPAN? Part 2 Saat krisis terjadi, pemilik integritas dan loyal sejati akan terbukti..



Assalamu'alaikum wr wb.
Pa kabar teman?? Semoga senin ini kita taklukkan dengan powerfull dan mengukir prestasi :)

Huuaaa rumah ini semakin lama kurang membahas hal teknis ya.. Hehe lagi bergeser nih, pengennya ngomongin manajemen, SDM dll, dll. Judulnya itu lho, terinspirasi dengan kejadian saat rekon. Zona nyaman membuat terbuai, terkadang iya. Saat situasi berubah menjadi penuh tantangan disitulah intergritas dan loyalitas akan teruji. "Saya ga tenang klo pekerjaan belum selesai. Ada tanggung jawab yang dipikul"  kata Mr. S, salut deh. Gini nih mindset civil servant yang sya impikan. Memang baru di satu sisi saja, semoga kedepannya mindset kayak gini yang mendominasi.

Gemes ga sih, klo kita masuk ke gedung instansi pemerintah trus kita bandingin tuh sama perusahaan swasta. Mulai dari pelayanan, beda banget kan. Di swasta kita disodori dengan pelayanan yang "merajakan pelanggan", nah di institusi pemerintah yang mulai berbenah masih sering kita temui layanan yang seadanya. Dilatarbelakangi, "gratis ini, nuntut yang bagus" ngenes yak?  Ya itulah, pemikiran yang terkadang melandasi bagaimana layanan yang diberikan oleh civil servant. Semoga bukan kita yak :)

Sudah-sudah selesai dulu curcolnya, back to topik. Bahas SPAN yuk, satu bulan lebih seminggu SPAN berjalan di 128. Diantara sekian banyak hikmahnya adalah semakin terlihat integritas dan loyalitas dengan kualitas mengagumkan dari personil utama user  SPAN. Tantangan dalam menyelesaikan masalah, kemauan belajar dan sikap saling tolong menolong semakin kental. Bukan lagi bekerja semata-mata untuk mendapatkan pendapatan, namun energi melayani dan memberikan yang terbaik. Mereka patut menjadi "agent of change", yang siap mendobrak zona nyaman yang melingkupi sistem kerja selama ini. Mereka ini ga banyak, tapi jelas terlihat bedanya. Etos kerjanya jauh melebihi rata-rata punggawa kppn. Mereka termasuk "Gen Y" bukan dari sisi usia namun energi dan jiwanya.

Ga lebay tapi memang begitulah adanya. Mereka ga berhenti saat pekerjaan yang dihadapi selesai, tapi juga siap membantu teman-teman di kppn lain saat menghadapi problem yang sama. Rugi banget kalau ga ikut tergerak dengan suasana dan energi positif  yang terpancar. Dengan adanya SPAN hampir tiap hari ada pelajaran baru dan tantangan baru yang musti ditaklukkan dengan gemilang. (macem puisi saja, diksinya itu naratif banget -abaikan- :D ).

Pembahasan di Marketing Plusnya Hermawan Kartajaya, lupa buku ke berapa yang jelas bahas tentang krisis, saat itu studi kasusnya krismon tahun 1998. Dimana yang terjadi perusahaan-perusahaan, entrepreneur yang mampu bertahan adalah mereka yang jeli menangkap peluang di situasi yang tidak aman. Yup, SPAN membuat kami keluar dari zona nyaman, bermigrasi ke zona yang tujuannya lebih nyaman lagi tapi proses menuju kesana pastilah mendaki. Tentunya butuh perjuangan untuk tetap optimal dalam memberikan layanan. So, ibarat naik kelas ya musti lulus ujian dulu lah ya. Melihat dari sudut pandang yang baru dan menilai dengan obyektif, eksekusi dengan bijaksana. Selamat datang di lingkungan kerja yang baru, penuh tantangan dan energi perubahan.

Bigung bacanya? Hehe selamat menikmati senin ceria:)

Oh ya bagi yang setia mengunjungi blog ini, pernah baca tulisan "akselerasi"? Cukup ngehits loh kunjungannya hehe.. Alhamdulillah ada perubahan kebijakan dengan UPKP, dalam arti akan ada payung hukum yang membuat proses akselerasi akan dibuka kembali. Siip, hayooo bagi para tulang punggung keluarga, saatnya berjuang dan memperoleh akses kemajuan karier  melalui akselerasi.. Sya bantu do'a ya.