Selasa, 27 Agustus 2013

Istirahat siang ini..

Assalamu'alaikum wr wb.. 

Alhamdulillah sehat semua??? Semoga sehat, bersemangat dan melimpah rezekinya.. 

Siang ini ada yang datang untuk bertanya, bukan salah satu satker kami. Seorang ibu yang mendekati paruh baya, berpenampilan kasual. Datang mengadukan kegundahan dan persoalannya terkait pembayaran dobel pajak atas pembelian rumah yang telah dilakukannya. Inti permasalahannya adalah bagaimana cara menarik kembali uang yang telah disetorkan ke kas negara itu. Dikiranya, karena disetor ke kas negara ya minta dikembalikannya cukup ke kppn ga perlu lagi ke kpp. Sempet agak ngotot, namun alhamdulillah bisa mengerti saat diberi masukan untuk menghubungi AR pajak sesuai wilayah pembelian tanah tersebut. Ini bisa dilakukan setelah konsul dulu ma temen dari kpp, thank's ya :). Karena kppn ga memiliki wewenang untuk itu. Yup, cukup mengerti kebingungan Ibu itu setelah kesana-kesini mengurus pembelian rumah pastilah pengen cepat selesai dan kembali uangnya. Beneran deh, berasa diingetin secara tidak langsung bahwa pelayanan yang informatif, solutif itu dibutuhkan masyarakat. Wlopun kantor kita itu bukan yang berhubungan langsung minimal bisa membantu memberi informasi yang tepat kan. :)

He..he.. Jadi curcol. Masih harus belajaar untuk menjadi CS yang baik dan informatif. Alhamdulillah ditugaskan jadi CS itu satu sisi adalah menemukan passion yang terkubur. Sehingga terasa ya, ke kantor itu ga berasa kerja saking enjoynya, lupakan bad-day yang kadang muncul.. Ha..ha.. 

Ups, nah 4 bulan lagi nih menjelang tahun anggaran berakhir. Segera eksekusi yang menjadi kebutuhan kantor namun tetep dengan memperhatikan prinsip efesien dan efektivitas plus berorientasi pada kinerja dan output ya. Klo menurut sya pribadi, penyerapan anggaran jika memang dengan anggaran yang hemat namun output tercapai atau bahkan melampaui ya itu sebuah PRESTASI. Makanya miris deh, saat yang terjadi hanya menghambur-hamburkan anggaran di akhir tahun hanya untuk mengejar IKU namun minim manfaat. Masih sangat banyak kebutuhan pokok yang belum terpenuhi bagi rakyat bawah, masih sangat banyak jalan-jalan berlubang yang butuh perbaikan, masih sangat banyak yang menjeriiit saat BBM dinaiikan, dll... Menjadi pengelola keuangan bukanlah hal mudah namun itu amanah yang akan dimintai pertanggungjawaban, pernah ngerasain beratnya. Semoga teman semua diberikan kemudahan dan keteguhan tetep berpengang pada prinsip hidup.. 

:)


Jumat, 23 Agustus 2013

Spesies baru..

Assalamu'alaikum wr wb.. 

Alhamdulillah besok dah week end.. Selamat berlibur teman.. Hari ini bersinar cerah ceria.. 

Dapet ilmu baru, sempet bikin riweuh chatroom yang semula tenang. Yuk mari kita kenalan dengan teknis peng-spjan hibah langsung dalam negeri. Pake diblok itu, karena di kppn hanya mengesahkan saja. Aktivitas lain dan sebelumnya menjadi kewenangan aktif satker, kanwil djpb untuk revisi DIPA nya dan kanpus untuk persetujuan pembukaan rekeningnya. Tapi namanya belum pernah kenalan dan pengalaman cukup membingungkan awalnya. Alhamdulillah satkernya aktif dan malah dapat ilmu barunya dari sana. Tentunya bantuan temen2 chat room yang selalu siaga membantu meringankan banget deh. See asal ada kemauan pasti ada jalan keluar. :) 

Kali aja ada yang demen ngumpulin aturan atau nantinya membutuhkan, dasar hukumnya PMK 191 tahun 2011 dan teknisnya Perdirjen 81 tahun 2011. Bisa download di sini(punya depkes), sering dapat hibah mungkin. Mekanismenya sedikit lebih ribet ya, mungkin karena ga biasa.

Minggu lalu ada tuh satker yang konsultasi aplikasi via gtalk. Wah asyik, jadi lebih interaktif dan saat ngasih solusi bisa sekalian nyoba kan ngadepin kompie. Lebih tenang dibandingkan telp karena ada jeda untuk berfikir. He he.. Ditambah bisa kirim file (yang minimalis/kecil) klo memang butuh petunjuk yang lebih rinci. Saatnya konsultasi ga terbatasi jarak, ga harus dateng ke kppn, ga harus boros pulsa. Yup, kecanggihan tekhnologi bisa dimanfaatkan untuk mempermudah pekerjaan kan. Sehingga anggaran bisa lebih berdaya dan digunakan dengan baik, uang rakyat loh. 

Revisi oh revisi masih ada aja hal unik yang menyertainya. Aturannya udah jelas ya PMK 32/2013 dan perdirjen 12/2013, lebih simple dan kewenangan satker diperbesar. Klo akun langganan daya dan jasanya kurang bisa direvisi/ditambah dari akun lain yang se-output ataupun dari output lain. Output layanan perkantoran itu bisa ditambah. Plus, akun perjalanan dinas wlopun masuk hal IV dipa juga masih bisa ditambah, tetep menggunakan prinsip efesiensi dan efektivitas ya Bapak/Ibu KPA/PPK. Tanggung jawabnya dunia akhirat loh.. 

Semoga bermanfaat.. :)


 


Senin, 19 Agustus 2013

Teladan..

Assalamu'alaikum wr wb.. 

Pa kabar pagimu? Semoga cerah secerah mentari, karena pagi yang cerah menentukan hari mu yang indah :)..he..he.. sok puitis, tapi beneran loh..

Tahun anggaran ini segera berakhir ya, 4 bulan dan beberapa hari lagi. Kondisi kantor saat ini sepi, pertengahan bulan masa rekon udah usai. Daripada binun dengan tema yang berat dan belum ada hal yang menarik dikupas disini, mau cerita tentang salah satu sikap positif dari atasan sya. 5 tahun lebih cukup banyak bertemu tipe-tipe atasan ya. Wajar, manusia kan beragam tipe, karakter dan etos kerjanya. Bapak yang satu ini sudah tidak lagi muda secara usia, namun jangan ditanya klo untuk semangat, kecepatan dan dedikasinya sebagai civil servant. Kurang dari 2 tahun lagi sudah pensiun, tapi yang muda2 aja kalah deh. 

Satu hal yang menonjol adalah kedisiplinan dan kehati-hatiannya dalam penggunaan dana/fasilitas kantor. Ya sebagai penguasa kantor, disiplin sesuai aturan diterapkan untuk dirinya. Kan sering tuh ketemu, ke pegawe mah musti disiplin tapi diri sendiri kagak.  Keteladanan sikap/perbuatan lebih nancep dan mudah diikuti kan ya. Klo fasilitas maupun dana kantor Bapak ini hati2 sekali, contoh kecil untuk air minum beliau beli aqua botolan 1,5 liter untuk hariannya dari kantong sendiri lah ya. Berangkat dari rudin ke kantor seringnya jalan kaki. Jadi dana pemeliharaan kendaraan roda 4 sisa banyak. Satu lagi, bapak ini berani untuk menetapkan tidak ada lembur fiktif di kantor. Wlopun kualitas lemburnya belum bisa jadi standar ya, minimal kagak ada lembur fiktif.. Bagi yang lembur ya, dapat uang lembur, klo ga ya kagak. Di akhir tahun ada sisa ya biarkan. Teruskan bapak. :)

Ya namapun manusia ada juga sisi yang kurangnya tak perlu dibahas disini :). Ambil contoh positif aja. Oke.. 

Hari ini dapet pertanyaan tentang prosedur optimalisasi dana alias revisi untuk menambah output. Pernah baca surat Pak dirjen tapi lupa lagi, searching di intra dapet S-03051/pb/2013 disini dijelasin tentang optimalisasi. Klo masih dalam 1 satker, 1 kegiatan, 1 keluaran/output maka masih kewenangan KPA dengan pengesahan oleh Kanwil DJPB dan tanpa ada persetujuan eselon I satker ybs. Kelengkapannya surat revisi dilampiri dengan matriks perubahan (semula-menjadi),  SPTJM, dan ADK dari aplikasi RKAKL-DIPA. Lebih simple dan mudah. Surat pak dirjen ini menjadi penjelas bagi PMK-32 pasal 9.. 

Buat teman2 pengelola keuangan so saatnya cek n ricek adakah dana yang perlu digeser ataupun dialihkan, mumpung masih ada 2 bulan lagi menjelang penutupan revisi. 

Semoga bermanfaat.. :)  


Jumat, 16 Agustus 2013

Spesies lama muka baru..

Assalamu'alaikum wr wb.. 

Alhamdulillah besok mulai week end ya.. Met berlibur teman, semoga bisa mere-charge energi dan kembali segar di hari senin :).. 

Imbas dari pembinaan salah satu instansi vertikal kami, satker mulai menanyakan prosedur retur. Ya, poinnya tentang retur dari sp2d tahun anggaran yang lalu bisa 2012, 2011. Kelengkapannya agak lebih banyak dibanding retur sp2d yang terjadi tahun anggaran berjalan. Kenalan nih ma yang namanya retur. Retur itu terjadi karena beberapa sebab, seringnya karena salah input nama/nomor/alamat rekening di SPM atau bisa juga karena rekening dalam kondisi pasif. Dasar hukumnya adalah Per-74/PB/2011 dan telah diperbaharui dengan Per-33/PB/2012.. Link download nya langsung ke ftp perbendaharaan jadi sepertinya belum bisa diakses oleh jaringan internet satker. 

Mulai tahun ini proses retur untuk surat jawaban sudah bisa dilakukan via aplikasi spm kecuali untuk salah satu bank. 

Nah, selain retur yang lagi ng-hits ditanyain adalah "koreksi/ralat spm". Kesalahan yang muncul biasanya salah kode 6 digit akunnya atau kesalahan nominal untuk tiap akun 6 digit dimana sudah bukan kewenangan kppn lagi untuk mengecek. Dasar hukumnya adalah Per-89/PB/2012. Pengajuan surat ralat oleh satker dilengkapi dengan daftar rincian koreksi data, copy spm-sp2d lama, dan spm yang telah dikoreksi(berubah data berubah juga barcodenya), SPTJM dan adkkoreksi/ralat spm. Klo yang ini surat2nya manual semua ya.. 

So, bagi teman2 pengelola keuangan semoga makin teliti ya sehingga ga ketemu dengan spesies yang sya ungkapkan diatas. Semakin banyak energi dan waktu yang terbuang klo harus mengalaminya. Tetap semangat mengemban tugas..

:)




Rabu, 14 Agustus 2013

Setelah Mudik..

Assalamu'alaikum wr wb... 

Biar telat gapapa ya, sya mengucapkan taqabbalallahu minna wa minkum shiyaamanaa wa shiyaamakum.. Mohon maaf lahir dan batin atas segala khilaf..Semoga qt bertemu kembali dengan ramadhan berikutnya.. Amiin.. 

Alhamdulillah setelah 2 minggu lebih, balik ke kantor bertemu lagi dengan aplikasi.. Lumayan kagok yak.. Belum ada update aplikasi terbaru. Mulai banyak SKPA(Surat Kuasa Pengguna Anggaran) berdatangan baik dari kanpus maupun dari satker propinsi. Peruntukannya pun bermacam-macam, ada yang buat bayar tunggakan tahun yang lalu maupun tambahan dana untuk kegiatan tertentu. Catatan nih, buat satker yang dapet SKPA, jangan lupa ya untuk mendaftarkan lagi pin ppspmnya sesuai dengan PER-19/2012.. Bisa menggunakan pin yang sama koq.. 

Dua hari pertama masuk kerja, sudah ada satker yang konsul dan bawa aplikasi yang eror.. So, ingat ya man teman selalu deh utamakan yang namanya back up data.. Penting!! :) 

Tulisan pertama cukup sekian, he..he.. membiasakan lagi menulis setelah mandeg agak lama..