Kamis, 25 Juli 2013

.. Teng Tong saatnya rekonsiliasi..

Assalamu'alaikum wr wb..

Happy fasting!! Give the best of you for ramadhan :)

Setiap satker memiliki kewajiban untuk rekonsiliasi dengan KPPN.  Dilakukan setiap sebulan sekali, di awal bulan selama 7 hari kerja di awal bulan.. Satker yang sudah lama terdaftar sih ga  no problemo ya. Hanya saja di tahun anggaran ini ada cukup bayak satker baru yang menerima DIPA dari bulan Mei-Juni.. Nah, dengan belum adanya realisasi dan langkah dari satker untuk menyerap dana dipa, seringkali mereka pun belum memahami kewajiban rekonsiliasi. Hingga datang SP2LK, surat peringatan atas keterlambatan penyampaian Laporan Keuangan.. Saat ada pembinaan LK bulan lalu oleh Itjen, dimana diingatkan kembali bagi satker yang memperoleh dipa misal bulan mei maka saat  pada bulan itu juga/Mei sudah terhitung memiliki kewajiban rekon, so pada awal bulan juni wajib rekon baik sudah ada realisasi maupun belum..

Hemm dari tadi bahas rekonsiliasi sebenernya maksudnya apa ya? Iya, rekonsiliasi  adalah proses pencocokan data transaksi keuangan yang diproses dengan beberapa sistem/subsistem yang berbeda berdasarkan dokumen sumber yang sama.. Dasar hukumnya :
  • UU Nomor 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara
  • UU Nomor 15 Tahun 2004 tentang Pemeriksaan Pengelolaan dan Tanggung Jawal Keuangan Negara
  • PP Nomor 24 Tahun 2005 tentang Standar Akuntansi Pemerintahan
  • PMK 171/PMK.05/2007 tentang Sistem Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Pusat
  • Perdirjen Perbendaharaan Nomor 36/PB/2009 tentang Pedoman Rekonsiliasi dan Penyusunan Laporan Keuangan Kuasa Bendahara Umum Negara
  • Perdirjen Perbendaharaan Nomor 55/PB/2012 tentang Pedoman Penyusunan Laporan Keuangan Kementerian/Lembaga


Apa aja dokumen pendukung rekon, ga banyak ADK plus Neraca dan semua laporan yang ada di menu LRA (ada 4 ya, Realisasi belanja, pengembalian belanja, realisasi pendapatan dan pengembalian pendapatan). Jangan lupa LPJ Bendahara sesuai PER-47/2009.. Klo ada SSP atau SSBP yang disetorkan melalui bank persepsi KPPN lain dibawa juga ya, contoh nih satker2 yang dapat setoran hasil lelang BMN dari KPKNL bogor..

Tadi disebutin klo batas waktu rekonsiliasi itu maksimal hari kerja ke-7 awal bulan, klo lewat pegimane? Klo lewat masih bisa rekon juga tapi satker dapet tuh surat cinta dari KPPN, SP2LK... Nah, klo 5 hari setelah terbit SP2LK teteup belum rekon juga, selamat!! Saat mengajukan SPM UP/TUP/GUP ditolak loh ma FO.. Heu heu.. Lebih baik disiplin ya.. :)

Oh ya dokumen yang dibawa saat rekon itu hampir semua berasal dari aplikasi SAKPA kecuali LPJ Bendahara.. Aplikasi SAKPA itu aplikasi yang simple banget. Formatnya pun ga jauh beda dari tahun ke tahun. Klopun ada beberapa tambahan menu terhitung mudah juga. Tahun 2013 ini sudah ada penyesuaian besaran nilai 'penyusutan aset'.. Dan sejak tahun 2011 SAKPA juga telah dilengkapi dengan menu untuk membuat laporan akrual dengan format excel, biasanya digunakan untuk kelengkapan LK semesteran dan tahunan..
 

Semoga bermanfaat.. 

Selasa, 23 Juli 2013

Practice makes perfect

Assalamu'alaikum wr wb..

Subhanallah, betapa luar biasa hari ini.. Semoga harimu pun luar biasa temanz.. Indahnya Ramadhan  :)..

Seminggu ini ketemu lagi dengan penolakan SPM LS kontraktual, karena pagu di aplikasi kppn sudah tidak mencukupi.. Usut punya usut penyebabnya adalah saat membuat SPM, pilihan kontraktualnya ga muncul pilihan nomor kontrak, jadilah terbaca secara ADK menjadi SPM LS non kontraktual, padahal dana yang sudah dikontrakkan sudah disisihkan secara otomatis di database kppn.. Wajar klo muncul di karwas kami pagu minus.. Solusinya spp-spm harus diubah/dibuat ulang, dengan catatan muncul pilihan kontraknya.. Insyaallah tuntas :)..


Selain yang diatas tadi, ada juga tentang gaji. Bagi PPABP, saat ada pegawai pindah yang masuk musti cek n ricek ya antara data ADK di gpp dari satker lama dengan data yang ada di dosir.. Kejadian beberapa hari yang lalu ada salah input data SK pegawai dari satker lama akibatnya proses pembuatan kekurangan gaji ke-13 jadi terkendala deh.. So, cek n ricek ulang ya.. Bisa jadi juga ada hak2 kepegawaian yang belum terbayar di satker lama.. 

-Practice makes perfect-

So, bagi para pengelola keuangan, operator semakin bergaul dengan aplikasi, aturan maka akan lebih matang pemahamannya. Malu bertanya sesat di jalan, malu bertanya tersendatlah penyerapan.. He..he.. 
 


Senin, 22 Juli 2013

Crash!!

 Crash!
Assalamu'alaikum wr wb..

Happy fasting! Ramadhan mubarok semoga temanz diberikan kelapangan rezeki, waktu dan keistiqomahan untuk meningkatkan kualitas diri :)..

Minggu lalu sempet dibuat pening gegara aplikasi SPM yang ga mau kebuka di laptop satker. Kronologi erornya setelah diupdate aplikasi SIMAK-BMN yang baru. Dicoba deh dicek.. Sebelumnya, data udah diamankan dengan dicopy folder. Coba install ulang aplikasi SPM saat masih kosong belum ditimpa DBSATKER masih aman SPM bisa dibuka.. Begitu ditimpa, eror lagi tak mau dibuka.. Dicoba sampai 3x tak berhasil.. Nyoba ngecek  eksistensi 'service.msc' ternyata nihil.. Coba ganti laptop, diulang langkah seperti tadi hasil sama.. Huhu.. Singkat cerita dicoba deh ma CS yang terdahulu, dibuka tuh di administrative tools, bagian service, trus dimatiin service nya SIMAK-BMN.. Hulaa. Buka aplikasi SPM, terbuka deh.. Tuntas.. Alhamdulillah.. Memang ya, pengalaman adalah guru terbaik.. Moral of the story, saat bertemu dengan masalah coba cari second opinion. Karena tiap masalah pasti ada jalan keluarnya, orang yang berpengalaman itu pasti ada aja..

Satu lagi nih, PENTING sebaiknya aplikasi SIMAK dan SPM  tidak berada dalam satu laptop/komputer yang sama. . Kecuali mau repot untuk mati-hidupkan service tiap mau pakai aplikasi SPM..

Ups ya, tadi dapat ilmu baru lagi. Setelah update SIMAK-BMN versi 13.1.2, kode satker, BA, Es 1, wilayah harus sama persis klo ada yang ga sama, maka data  dari SIMAK  tidak bisa diterima alias ada warning 'file tidak ada'.. So, cek-cek ulang ya. Klo misalnya kode wilayah ga sama, maka yang disesuaikan di aplikasi SAKPA. Back up dulu data aplikasi sakpa. Trus buka dengan user 'admin', buat baru satker dengan kode wilayah baru, yang lama dihapus dulu ya.. Bikin user baru lagi. Buka dengan user baru trus di menu proses, klik 'konversi kode satker berubah', langsung deh disitu ada pilihan file dan folder yang akan dikonversi. Jika proses sudah dilakukan dan berhasil maka data otomatis sudah terpindahkan, jangan lupa posting yak.. Nah, bisa diulang tuh untuk terima data dari SIMAK..

He..he.. Mungkin dengan tulisan gini agak lieur. Klo udah beres pindahan ke bogornya sya belajar untuk nambahin visual deh pake gambar...


Semoga bermanfaat.. :)

Minggu, 21 Juli 2013

Profesi mulia..

Assalamu'alaikum wr wb..

Semoga semakin bertambah khusyuk dan semangat  ramadhannya!.. :)

Alhamdulillah week end kali ini dapat pengalaman berharga.. Bertemu dengan sosok inspiratif dalam dunia pendidikan. Beliau yang mengajar karena cinta dan persembahan terbaik untuk 'investasi akhirat'.. Sebagaimana sabda Nabi Muhammad saw, ilmu yang bermanfaat adalah salah satu dari 3 amalan yang tidak akan terputus pahalanya hingga qt meninggal.. Semoga beliau senantiasa diberikan kemudahan, kesehatan, kelapangan rezeki dan juga keistiqomahan dalam menjaga prinsip. Amiin. Guru adalah profesi mulia namun sangat disayangkan karena lemahnya iman dan kilau materi banyak yang terbuai dan kurang bertanggung jawab terselenggaranya proses belajar-mengajar yang berkualitas..

Setiap pekerjaan menuntut tanggung jawab. Namun menjadi lebih bernilai tuntutan saat menjadi seorang guru. Guru berkualitas, tulus dan mendidik dengan hati dan fikiran yang jernih akan menghasilkan generasi penerus bangsa yang berkualitas pula.. Guru 'digugu lan ditiru', dihormati dan diikuti.. Sayangnya keberadaan guru selayaknya Omar bakri semakin langka.. Generasi penerus saat ini dikepung dengan berbagai pengaruh negatif pornografi-pornoaksi, ancaman broken home, pergaulan bebas,dll.. Maka peran guru disini amat berpengaruh, bahu membahu dengan orang tua dan pemerintah untuk membentengi dan mendidik generasi ini menjadi kuat dan visioner..

Terima kasih ku pada sosok guru2 sederhana penuh kasih Bu Nihayah, Bu Eko/guru SD, Bu Setiani/guru sejarah smp, Alm. Pak Ali, dll. . Didikan mereka sungguh membekas, terima kasih ibu-bapak.. Dibalik keberhasilan yang qt capai ada peran para guru mulia yang memberikan inspirasi dalam hidup qt, energi untuk membesar dan bermanfaat bagi sesama..

Terima kasih bapak-ibu semoga Allah memberikan balasan yang lebih baik dan memberikan tempat istimewa.. :)


Sabtu, 20 Juli 2013

Regenerasi..

Assalamu'alaikum wr wb..

Semoga temans diberikan kemudahan, kesehatan n kelapangan dlm aktivitasnya.. Ramadhan mubarok semoga semakin bersemangat qt.. :)

Happy week end alhamdulillah.. Mencermati minggu ini, sungguh penting sekali adanya proses regenerasi untuk pengelola keuangan. Perlunya kaderisasi, transfer ilmu dalam mengelola dipa. Pengelola keuangan yang handal, jujur n bersih dilahirkan bukan bakat ya.. Perlu proses loh..  Tidak selamanya pegawai yang bertugas sebagai pengelola keuangan berada di satu satker, mutasi adalah hal yang wajar atau bahkan adanya promosi. So, menjadi PR bagi para pengampu wewenang/pejabat untuk membentuk kader2 baru pengelola keuangan yang handal di satkernya masing2..


Salah satu tugas leader adalah memunculkan dan membina pegawai2 bawahannya menjadi pegawai berkualitas. Bukan hanya sekedar memerintah dan menyuruh. Keberadaan pmk-190/2012 menjadikan kewenangan satker untuk mengelola DIPA menjadi sangat besar. Pastinya tim yang solid dibutuhkan disini, jika karena faktor salah satu pejabat perbendaharaannya mutasi, satker limbung maka ini adalah alarm tanda bahaya. Pemahaman tentang pengelolaan dipa dan apbn saat ini menjadi begitu mudah dengan kemudahan mendapatkan informasi. Aturan2 yang dibutuhkan dapat dengan mudah didownload di internet. Mau belajar langsung dengan petugas CS KPPN pun tinggal datang. Grup2 chat di media sosial pun marak. So, tinggal political will dari pejabat di satker tersebut untuk membentuk kader2 pengelola keuangan yang baik, handal, jujur dan bersih.. So, tinggal political will nya pejabat aja ya untuk membentuk SDM berkualitas. 

Jumat, 19 Juli 2013

KPPN Mobile


Assalamu'alaikum wr wb..

Subhanallah jumat hari baik penuh barakah,, ( eh semua hari baik.. ) Happy fasting!! N week end..
akhirnya first pic.. Yay!
Seharusnya tema ini meluncur kemarin saat jadwal kppn mobile di Cianjur.. Hoho.. Tergeser ma tema lain.. Dulu pernah cerita deh gimana kppn mobile di kppn 132 disini.. Ga lengkap dunk klo jaman di 128 ga ada kisahnya.. Penampakan si biru masih sama, bus tuyul (di kampungku nyebutnya gituh) yang disulap jadi ruang layanan dengan sofa tunggu biru juga.. Cukup nampung 2-3 petugas satker klo masih mau AC nya kerasa dingin.. Sarpras sama, hanya beda di modem, koq ya sering kehabisan pulsa.. Haikss..


Beda paling mencolok adalah disini kppn mobile adalah agenda mingguan.. Minus klo ada libur merah di hari kamis.. Iya, jadwalnya hari kamis kami naik panggung eh bus.. Ngetem di kantor kemenag Cianjur, ditemani gerobak baso tahu, es buah segar n nikmat, gorengan n batagor.. Para punggawa kppn secara bergiliran per tim, tiap tim beranggota 3 pegawai sebagai spv merangkap cs, fo pd dan fo verak.. Jam layanan lebih pendek,, Kesepakatan tidak tertulis dari jam 9/10 - 14.00.. Belum tahu nih klo puasa.. 

Zaman di 132, begitu qt datang antrian satker selalu lebih dari 5-7 satker. Tiap satker bawa lebih dari 5 spm, yoa kan bisa bolak balik untuk diperbaiki dengan jarak tempuh kantor-k.mobile terjangkau.. Klo di Cianjur rekor spm terbanyak 40 an kayaknya itu juga pas 3 bulan terakhir tahun anggaran.. Sekarang udah lumayan antara 20-30.. Mungkin karena udah cukup dikenal plus spm masih ga terlalu banyak jadi sayang klo bolak-balik ke smi.

Belum ada survey khusus layanan kppn mobile sih ya.. Penasaran loh dengan respon satker.. Soalnya program ini mahal dari sisi waktu n tenaga kan sayang klo ga sesuai dengan kebutuhan satker.. Selama beberapa kali tugas kesana ada beberapa satker yang jadi pelanggan setia.. Penasaran juga kenapa ga ada di wilayah kabupaten Smi, kan wilayahnya lebih luar dan juga sebagian terpencil..

Jenis layanan yang sudah optimal digunakan satker ya, masukin SPM.. Klo untuk rekonsiliasi belum berjalan kayaknya. Oh ya sama konsultasi bagi yang memang ada pertanyaan.


Kamis, 18 Juli 2013

Belajar Bekerja..


Assalamu'alaikum wr. wb..

Alhamdulillah bagaimana puasa teman?? Semoga semakin baik dan bersemangat, indahnya bulan ramadhan mubarok :).

Bertemu dengan banyak orang, mendapatkan ilmu tanpa harus berpanas-panasan plus sinyal internet yang kenceng.. Nikmat manakah yang akan  engkau dustakan.. Baru nonton salah satu episode 'Kick Andy' hasil donlotan di kantor. Inspiratif tentang anak2 dari keluarga tak mampu yang tetap bertahan sekolah dan kuliah dengan bekerja. Subhanallah aktif dalam kegiatan organisasi namun prestasi menjulang, mendapat juara 3, 2 bahkan 1.. Bersemangat dan bersungguh-sungguh mencari ilmu. Mereka lah generasi penerus yang kreatif dan inovatif..

Selama 3 tahun terakhir masa pengembaraan di 132 ke 128 memberikan banyak pelajaran berharga. Bertemu dengan pribadi2 yang berdedikasi, memberikan pelajaran nyata dalam mewujudkan sivil servant dengan mindset baru.. Saat masih di 132, beliau sedikit lebih tua dibandingkan bapak sya, Mr. B adalah pekerja keras tekun dan mengayomi kami para prajurit dibawahnya. Orangnya detil, teliti dan sangat bertanggung jawab, pastinya punya disiplin tinggi. Ga ada ceritanya beliau datang ke kantor setelah istirahat lebih dari jam 1. Seringnya sebelum jam 1 udah sampai lagi di kantor.. Merasakan kehilangan saat beliau mutasi dan sya telat menyadari untuk menyerap ilmunya.

Masa2 akhir  dipulau dewata  menggoreskan kesan mendalam tentang pentingnya memiliki ilmu, kemauan keras dan gigih dalam bekerja. Bukan demi serenceng rupiah namun sebagai bentuk amanah.  Allah mboten nate sare. Takkan pernah rugi menjadi orang baik dan memberikan usaha yang terbaik. Keberkahan dalam hidup berupa kesehatan, ketentraman dan berada dekat dengan orang-orang yang qt cintai merupakan kelimpahan nikmat yang luar biasa.

Sungguh patut ditanam dalam2 dalam diri "sebaik-baiknya manusia adalah orang yang bermanfaat". Semoga qt menjadi bagian dari hadist tersebut. Berada di kantor selama lebih dari 7 jam sungguh amat sia-sia jika ada dan tiadanya qt tak berarti apa2. Waktu sebanyak itu adalah 1/3 dari 24 jam yang telah Allah berikan kepada tiap manusia.  Sangat mahal dan berharga jika digunakan untuk menjemput surga-Nya. Saat berada di kantor melakukan amanah/tanggung jawab akan bernilai pahala tentunya jika diniatkan dengan benar dan dilakukan sesuai ketentuan syara'.

Alhamdulillah sangat bersyukur dengan amanah sebagai CS, berinteraksi dengan berbagai macam orang dan satker  membuahkan banyak ibrah dan pelajaran kehidupan. Kemampuan memanage emosi(he..he..wlopun seringnya  lepas), mengasah komunikasi yang efektif, publik speaking yang mau ga mau meningkat seiring berjalannya waktu. Namun masih sangaat banyak kekurangan yang musti diperbaiki dan ditingkatkan. Semoga Allah memberikan kesempatan(waktu)  agar sya menjadi pribadi yang lebih baik lagi.. Amiin..


#Self reminder :)

Rabu, 17 Juli 2013

Trouble is a friend..


Assalamu'alaikum wr wb..

Alhamdulillah hujan, semoga Allah melimpahkan keberkahan pada kita semua..

"Semoga Anda semua diberi kesabaran dalam menjalankan tugas mulia ini. Amin" .. Ungkapan menarik yang ada di akhir posting salah satu blog beken untuk info perbendaharaan.. Setuju banget, karena menjadi pengelola keuangan itu butuh kesabaran ekstra. Satu tim pengelola keuangan saja bisa punya mindset yang beda dan bikin kerja jadi terhambat belum lagi saat berhubungan dengan pihak lain aka sesama pegawai.. Butuh kesabaran ya.. Selamat training kesabaran di bulan mulia ini.. :)

Hari ini ragam kendala yang dibawa satker cukup beragam dibanding kemarin hanya saja dari sisi waktu lebih singkat. Duduk di kursi ini dilatih untuk tangguh dan menjadikan masalah yang dibawa satker tentunya layaknya sahabat baik. Musti kenal, pahami dan eksekusi hajaaar. He..he.. :D..  Ada kalanya ga tahu jawaban dari masalah yang nongol, maka teman2 sya yang luar biasa nan tersebar di beberapa penjuru mata angin selalu siap membantu.. Nah itulah fungsi netbook yang narsis dengan pedenya di meja saya.. Untuk chatting dengan temen2 se-profesi sebagai penjinak masalah..

Kami bertemu melalui roomchat sebagian ada yang memang sudah kenal di dunia nyata saat mengikuti diklat bersama, pernah satu kantor bareng ataupun memang beneran baru kenal di roomchat.. Mereka begitu siaga membantu saat ada pertanyaan terlontar baik dari sisi aturan, aplikasi bahkan saat kami butuh nomor telp atau alamat imel orang2 penting pembuat aplikasi.. Support mereka sering memberikan cash baterei semangat full kembali.. Sering juga loh informasi terkini datangnya dari mereka.. Semoga Allah membalas kebaikan kalian semua espesially for Mb Wening nan cuantikk dan sabar, Om diwi mbahnya aplikasi, Teh Sri, Mb Harsih nan ayu, Pak Heru pakde nya aplikasi .. Semoga Allah memberikan kelimpahan nikmat, kelapangan rezeki dan waktu, kesehatan untuk kalian dan keluarga.. Beberapa bulan duduk di kursi ini, banyak banget pelajaran yang mereka bagikan ke diriku.. Paling junior.. Paling rese dengan segudang pertanyaan yang menuntut.. Semoga stok sabar qt semakin meningkat ya.. :).. Terima kasiih atas semua dukungan, ilmu dan waktu yang telah disediakan untukku.. :)

Dari sekian aplikasi pendukung yang dibuat ditjen kami maupun tetangga, ada satu yang belum diutak-utik SIMAK-BMN.. He..he.. Mungkin klo udah di bogor aja ya atau malah keburu SPAN launching ya..


Oh ya besok ada KPPN Mobile di Cianjur ngetemnya di Kemenag Cianjur, si biru biasanya nyampe skitar jam 9-10.. Diantoz nyak.. Eh tapiii klo yang pengen refreshing ke KPPN juga boleh koq.. Hahaha.. Tadi ada yang curhat klo di kantor kerjaan ga habis2 mending KPPN ga akan ada komplen or KEPO-an.. He..he.. Ya wis mangga wae lah.. 

Selasa, 16 Juli 2013

Satker baru

Assalamu'alaikum wr wb..

Alhamdulillah cuaca cerah tadi siang, semoga harimu pun cerah dan penuh berkah.. :)

Tahun ini kami mendapatkan cukup banyak satker baru, baik yang benar-benar baru maupun yang stok lama muka baru alias ganti kode satker karena eselon I nya berubah. Pernah sekali diadakan sosialisasi khusus mengundang satker2 baru ini, namun ketersediaan waktu yang terbatas untuk bertanya dan mencerna membuat hal ini menjadi langkah awal untuk memulai adaptasi mengelola dana DIPA.

Cukup menarik jika menyimak sesi konsultasi  pertama tadi pagi, perbedaan mindset dalam pelayanan yang diberikan KPPN. Apresiasi yang muncul dari sesama civil servant(beda status pusat dan daerah aja) atas kinerja layanan tanpa biaya membuat sya terpacu untuk lebih baik lagi. Bukan karena bangga namun karena itulah amanah bagi kita para 'civil servant'. :)

Kembali ke judul, he.he.. Yup, satker2 baru ini sebagian besar petugasnya baik Pejabat Perbendaharaannya, operatornya rata2 baru.. Tidak menutup kemungkinan di negeri yang aneh bin ajaib ini di bulan2 mendatang akan ada lagi satker yang baru muncul, seperti tahun lalu ada satker yang nongol di tengah bulan november. Dapat belanja modal(BM) yang musti plus wajib lelang pula, walah beneran buah simalakama.  BM nya mah pasti dibutuhkan namun prosesnya itu loh yang rawan ditunggangi pihak2 tertentu apalagi dengan mepetnya waktu.. Semoga ga ada lagi kejadian begitu.

Buat satker2 baru agar berhasil mengemban amanah mencapai output dalam DIPA musti punya senjata.  Apaan tuh? Kemauan belajar! Serius, saat ini informasi begitu mudah untuk didapat baik aturan yang terkait maupun aplikasi pendukung. Hanya butuh kemauan dan kesungguhan untuk mengerti tentang  proses mekanisme pencairan dana apbn. Ups, 1 lagi, keberanian untuk melaksanakan aturan. Paham saja tanpa berani bisa2 menyimpang deh tak tahan godaan..

Aturan2 yang musti dipahami bener nih :
  1. Pmk 190/pmk.05/2012 ini aturan umum untuk mekanisme pencairan dana apbn, pejabat perbendaharaan wajib paham!
  2. Pmk-37 tahun 2012 tentang revisi SBU 2013, jadi pegangan pagu tertinggi untuk pencairan..
  3. Perpres 70 tahun 2012 tentang perubahan (kesekian) pengadaan barang jasa wajib paham bagi PPK dan KPA, sedangkan untuk PPSPM afdholnya juga paham jadi mempermudah proses pengujian gak asal percaya aja..
  4. Kmk-632(lupa eung apa 623) tentang asuransi2 yang boleh menerbitkan jaminan mau pelaksanaan maupun pengawasan..
  5. Pmk-32 tahun 2013 dan Per-12/2013 tentang revisi, wajib paham bagi pejabat perbendaharaan, karena bisa jadi DIPA dan POK yang Bpk/Ibu pegang ada yang ga sinkron dengan tupoksi yang mau dijalankan.
  6. PMK-113/2012 dan PER-19/2013 tentang perjalanan dinas, wajib paham hampir tiap satker kan punya perjadin, cukup banyak penegasan baru disini tentang keselektifan pelaksanaan perjadin dan mindset pembayaran dananya.
  7. Per-19/2012 tentang Pin PPSPM, khususon PPSPM musti nempel pel pahamnya.. Penegasan tanggung jawab bow..
  8. Per-37/2009 tentang pernak-pernik gaji ya, plus pmk 164/2010 tentang tunjangan sertifikasi guru, dosen.  PMK 110/2010 tentang Uang makan juga.. Ups ya ada lagi suratnya pak dirjen khusus untuk uang makan lembur atau uang lembur yak bagi anggota polri..

Sepertinya itu dulu deh..


Semoga bermanfaat.. :) 

Senin, 15 Juli 2013

Lagi Pin PPSPM...

Assalamu'alaikum wr wb..

Alhamdulillah cuaca sejuk.. Semoga puasanya lebih baik dari hari kemarin ya teman..

Dalam 4 minggu terakhir ini pengajuan penonaktifan, pendaftaran pin ppspm yang baru cukup banyak.. Terkadang ada yang mudah prosesnya ada juga yang menemui kendala.. Baik dari sisi data yang diajukan ada kesalahan maupun dari sistem aplikasi pin ppspm di satker maupun di kppn..

Mumpung masih fresh nih, bagi satker yang ppspm nya ganti baik itu sementara maupun tetap karena mutasi pejabat maka syarat2 yang musti disampaikan ke KPPN adalah (dasarnya Per-19/Pb/2012) :
  1. Surat permintaan penonaktifan PIN PPSPM dari KPA,
  2. Surat permintaan penonaktifan PIN PPSPM dari PPSPM (yang lama),
  3. Formulir pendaftaran PIN PPSPM,
  4. Surat pernyataan PPSPM dengan materai 6 ribu,
  5. Fotokopy SK Penunjukan PPSPM,
  6. Fotokopy KTP PPSPM (ya iyalah masa punya satpam he..he..)
  7. Bagi PPSPM sementara di SK penunjukan musti ada waktu menjabatnya ya, misal tmt 01-06-2013 sampai 06-07-2013..

Poin a-d sesuai dengan format yang ada di Per-19/pb/2012.. Nah perlu dicek n ricek lagi tuh data2 yang ada di poin c terutama untuk NIP PPSPM yang baru dan juga nomor hp yang akan didaftarkan.. Salah nip maka harus diulang lagi proses pendaftaran dan aktifasinya(bagi yang sudah)... Syarat2 tadi musti ada semua ya jangan sampe ada yang ketinggalan.

Bagi para operator cek dan ricek lagi aplikasi pin ppspm 2013 nya sudah menggunakan versi 1.0.5. R5 tanggal 20 desember 2012, karena jika belum maka saat akan menginjeksi pin ppspm yang baru akan muncul warning "enskripsi pin gagal, ganti/ubah pin ppspm".. Updatenya bisa didonlot di sahabat komputindo ya..

Kendala lain klo jaringan telkom lagi bermasalah maka proses pendaftaran berhasil, tapi sms register maupun pin awal belum berhasil terkirim, solusinya ya coba lagi mpe bisa.. He..he.. Nunggu jaringan okeh dulu ya..

Ooh jangan lupa saat mau meng-inject pin ppspm tempatkan spm klo di dalam folder maka jangan sampe ada spasinya ya, nanti kagak mau inject loh misal yang bener spm_up (NO SPASI)..


Semoga bermanfaat.. :)

Obrolan tentang honor..

Assalamu'alaikum wr wb..

Alhamdulillah dapet charge lebih ya, setelah week end.. :)

Yuk mari ngobrolin tentang pejabat perbendaharaan dan pengelola keuangan.. Satu tim lengkap yang ada di tiap satker sederhana. Pejabat Perbendaharaan klo dari PMK-190/pmk.05/2012 itu terdiri dari KPA, PPK, PPSPM dan BP. Klo untuk pengelola keuangan terdiri dari staf pengelola keuangan bisa sebagai staf PPK dan atau PPSPM plus operator aplikasi SPM, SAKPA dan SIMAK. Oh ya tertinggal petugas pengelola barang.

Nah khususon PPK, dalam Perpres 70 tahun 2012, maka disana ada syarat harus memiliki sertifikat pengadaan barang dan jasa.. Ada pengecualian memang yaitu apabila PPK dirangkap oleh KPA dan satu lagi saya lupa.. He..he.. Pertanyaannya nih klo di satker tersebut punya 4 DIPA yang berbeda dengan 4 kode satker yang berbeda pula misal kemenag tapi PPK adalah satu orang pegawai yang sama karena Cuma ybs yang memiliki sertifikat pengadaan barang jasa, honornya dapat 1 atau 4?? Eng ing eng.. Ini pertanyaan muncul pas sosialisasi PMK-190 bulan Januari lalu..  Menurut temenz apa hayooo??

Hasil diskusi dengan kk  dan petugas CS saat itu maka jawabnya PPK tersebut berhak atas 4 honor PPK dengan nilai sesuai dengan pagu  POK masing2 DIPA (kan ada batasannya yak, jika pagu sekian M maka onor sekian).. Why? Karena 1 DIPA merupakan 1 entitas keuangan yang mempunyai sasaran output tertentu, tentunya saat beda DIPA berarti beda output yang akan dicapai. Beda DIPA beda kerjaan, beda tanggung jawab, inget loh PPK ini tanggung jawabnya gedhe. Sebagai petugas yang menerima pendelegasian tugas oleh KPA untuk berhubungan dengan pihak ke-3 aka rekanan dan membuat komitmen/kontrak.. Inga-inga kasus2 besar yang menjadi sorotan publik diawali dengan ketidak beresan di level hubungan PPK dan pihak ketiga..

Lah terus klo KPA merangkap PPK dapet honor dobel kah??? Ya gak lah, alias hanya satu aja honornya. Karena tugasnya kan masih dalam 1 DIPA yang sama pun tugas PPK pada dasarnya tugas KPA yang didelegasikan, berhubung tak ditunjuk PPK alias dirangkap ya honor pun hanya dibayar salah satu aja dengan besaran yang paling menguntungkan pegawai ybs..

Trus-trus klo staf PPK dan atau PPSPM nih merangkap jadi operator SAKPA pegimane tuh honornya?? ...
....
....
....
Hemm bersambung yak untuk besok.. :D..


Semoga bermanfaat.. 

Sabtu, 13 Juli 2013

Suasana..

Assalamu'alaikum wr. Wb..

Alhamdulillah hari ke-4 ramadhan, libur dan hujan.. Subhanallah nikmat manakah yang akan engkau dustakan..  Semoga qt istiqomah berlomba dalam kebaikan :).

Ramadhan bulan penuh berkah, ramadhan bulan penuh ampunan. Ramadhan suasana di kantor pun terasa lebih sejuk, kondusif  dan menentramkan.. Tilawah al-quran tak hanya berasal dari mp3 yang diputar di kompie2 kantor, namun dilantunkan oleh pegawai2 kantor. Pagi hari saat jam layanan belum dimulai, satker belum mengantri, lantunan ayat2 quran terdengar agak sayup-sayup.. Di depan maupun di mushala kantor..

Emosi yang terlanjur naik, atau sedikit bentakan atau kemarahan yang muncul tak begitu saja hilang dalam lingkungan kantor.. Namapun manusia, hanya saja lebih bisa memberikan reaksi/tanggapan yang sabar.. Bahkan, seperti halnya salah satu teman mengungkapkan "istighfar" dengan body languange yang bikin qt tersenyum karena diucapkan lambat2 dan begitu menghayati.. :)

Kerumunan orang dengan obrolan ngalur ngidul tak jelas pun berkurang. Entah karena lemas, energi berkurang atau memang niatan tulus menjaga diri dari ber-ghibah.. Khusnudzon saja memang menjaga diri dari ghibah dan kesia-siaan.. Namun jelas terasa suasana yang lebih kondusif utuk bekerja. 

Komunikasi menjadi lebih mudah untuk saling memahami, karena stok sabar lebih banyak. Hemm persediaannya yang tiba2 bertambah di bulan istimewa ini. So, pekerjaan menjadi lebih mudah untuk diselesaikan apalagi jika didorong niatan bekerja dengan baik sesuai aturan plus niat yang lurus bisa bernilai ibadah. 

Prasangka buruk/su'udzon lebih mudah ditepis dengan mengalihkan fikiran ke hal baik setelah sebelumnya berucap istighfar dan 'lagi puasa loh'.. Begitu tentram kan.. Ketaatan pada aturan kesadarannya agak naik karena takut berdosa jika berlaku tak jujur, ga disiplin..

Aaah seandainya suasana ini tetap terjaga setelah ramadhan alangkah indah dan bahagianya.. Semoga keshalehan secara individu dan jamaah bisa terus terjaga di luar bulan Ramadhan.. Amin.. 

Selamat week end..
Bagaimana kantormu??




Jumat, 12 Juli 2013

Update aplikasi..

Assalamu'alaikum wr wb..

Alhamdulillah love friday :).. Met wiken temanz.. 

Bagi operator aplikasi pendukung untuk pengelolaan APBN, pasti udah akrab dengan fenomena 'update aplikasi'.. Ya, perubahan aturan, kebijakan ataupun kepentingan tertentu membuat aplikasi pendukung ini baik SPM, SAKPA, SIMAK BMN, GPP perlu menyesuaikan diri.. Nah, menjadi hal yang terelakkan jika update dilakukan bahkan lebih dari 3x dalam 6 bulan.. 

Salah satu hal yang sering dikemukakan satker adalah kesulitan untuk mendownload aplikasi yang terbaru di website resmi Ditjen Perbendaharaan.. Lemoot kah atau kadang putus ditengah jalan itu kejadiannya, maklum ya yang download se-Indonesia raya, ribuan satker.. Ada beberapa alamat website yang dibuat oleh punggawa kppn yang mendedikasikan ilmunya agar bermanfaat untuk orang banyak. 

Ini dia alamatnya : 

  1. Sahabat komputindo, http://www.sahabat-komputindo.com/  dibuat dan dikelola oleh Salahuddin Jakfar Almansor dulu pake nama Alexander Negarawan.. Always update, download via mediafire.. Klo ada pertanyaan bisa dilayangkan baik via kolom  komentar maupun kontak admin.. File2 aturan ga terlalu banyak disini.. 
  2. Seputar KPPN, http://www.seputar-kppn.com/ , dikelola oleh Amirsyah (lengkapnya tidak tahu).. Cukup update, disini sering juga membahas perkembangan dan perubahan aturan terbaru.. Aplikasi yang diluar kewenangan Ditjen PBN biasanya ga dishare, mungkin karena bukan domainnya ya.. 
  3. Nah yang satu ini sya belum tahu punggawa kppn atau bendahara satker, Bendahara Pengelola dana APBN http://bendahara-apbn.blogspot.com , pengelola Bendahara.. website baru dari bulan Mei 2013.. 
Sebelum melakukan update aplikasi sebaiknya back up  data dulu ya.. :) 

Kamis, 11 Juli 2013

Dilema revisi..

Assalamu'alaikum wr wb.. 

Alhamdulillah Ramadhan memasuki hari ke-3, tarawihnya masih semangat kan teman :).. Bulan Ramadhan bulan penuh berkah, kesempatan istimewa yang kita tak ketahui di tahun mendatang akan bersua kembali.. Sungguh sayang jika tersia-sia jika tak diisi dengan amal terbaik.. Fastabiqul khairat yuuk teman..

Hari ini dapat beberapa pertanyaan yang berbeda-beda, baik dari satker baru maupun yang lama. Nah, salah satunya tentang revisi. Sesuai judul dilema eung.. Why? karena ini domainnya kanwil sebagai pihak yang berwenang. Tapi gak mungkin kan main lempar gitu aja, ya sebisa mungkin yang bisa dijawab ya kasih infonya jika masih perkara teknis aplikasi or aturan umumnya. Jika sudah menyangkut kebijakan dan kewenangan lebih baik dianjurkan beronsultasi pada pihak yang berkompeten. 

Ada dua pertanyaan yang berbeda terkait revisi, yang pengen dishare yang ringan aja. Masih terkait dengan surat an. Bpk Menkeu S-2056/mk.5/2013 tentang revisi perjadin dalam kota. Surat yang bertanda tangan 18 Maret itu, merespon permintaan pihak terkait (baca DPR) agar terjadi transparansi belanja perjalanan dinas di K/L. Hem alasan dibalik itu dibahas lain kali saja.. Lanjut yak ke pertanyaan satker, jadi satker minta penjelasan bagaimana cara melakukan revisi perjadin, haruskan dalam waktu dekat dan syarat2nya apa aja.. Maksud dari S-2056/mk.5/2013 agar akun perjalanan dinas dalam kota yang selama ini tersamar di akun 521119 dan 521219 dialihkan ke akun baru 524113 dan 524114 dan muncul di halaman 4 DIPA.. Akibatnya, kagak bisa sembarang utak-atik, tambah2 dengan alasan yang kurang penting. 

Hal penting yang terlupa, kejadian nih di beberapa satker wilayah KPPN kami ya. Klo se-Indonesia mah buanyak. Pesan dari S-2056 itu minta agar yang direvisi hanya "sisa anggaran saja".. Namun rupanya beberapa luput dengan berbagai alasan tentunya. Alhasil terjadilah revisi yang menyebabkan pagu minus.. Peninglah beberapa satker ini, harus bolak balik ke bandung tentunya untuk revisi sampai tidak ada minus di DIPA.. Karena hanya solusi ini yang absah sesuai petunjuk pak Dirjen di s-4218/pb/2013... So, kehati-hatian dan ketelitian dalam menyusun revisi menjadi hal mutlak bagi pengeloa keuangan. Jangan sampai tuh ada miscom antar pengelola, biasanya antara bagian perencana dan pelaksana teknis pencairan dana. 

Bagi yang sempat menikmati revisi pagu minus, lumayan terbantu karena sudah ada update Apl. SPM 13.05. ADK revisi pagu minus sudah bisa ditampung, caranya dengan memasukkan ADK revisi yang terakhir(benar dan ga minus) nah, nanti dari aplikasi akan  minta pagu yang minus dulu.. Tuntas deh.. He..he.. gini aja ya.. Persyaratan revisi udah jelas di PMK-32/2013 plus Per-12/2013.. 

Semoga bermanfaat.. 

NB : Untuk revisi POK/kewenangan KPA adk dari RKAKL-DIPA (dari menu kirim -kirim ke DJA), direname aja sesuai dengan revisi terakhir nah baru deh bisa dimasukin ke Apl. SPM,. 





Rabu, 10 Juli 2013

SPM Kontrak ditolak

Assalamu'alaikum wr wb.. 

Pagi yang cerah, semoga teman semua mendapatkan semangat baru dalam seluruh aktivitas yang bermanfaat.. :)

Sejak terbit PMK-190/PMK.05/2012, satker wajib menyampaikan adk dan karwas kontrak ke KPPN maksimal 5 hari kerja sejak ditanda-tangani kontrak.. Sst, kewajiban kurang bertaji, karena tak ada sanksi bagi yang terlambat menyampaikan.. Terkadang yang terjadi penyampaian adk dan karwas kontrak bersamaan dengan pengajuan SPMnya. 

Back to judul ya, SPM kontrak ini beberapa kali sempat terkendala saat aplikasi SPM belum stabil.. Ada beberapa update 13.01, 13.02, 13.03, 13.04 untuk meyempurnakan proses input data kontrak.. Setelah update aplikasi SPM 13.04 dan terbaru 13.05 kendala peng-inputan sudah terminimalisir.. Namun, masih ada juga beberapa kasus yang mengakibatkan SPM kontrak ditolak karena masih ada data yang luput diinput.. Contohnya nih :

SPM Kontrak ditolak dengan warning 'tahap pembayaran' belum dilengkapi/kosong.. Operator bisa cek ulang data kontrak, di bagian 'detil rincian dan realisasi' disana pastikan sudah lengkap data 'banyaknya tahapan' plus rekam tgl pembayaran' sudah terisi. Biasanya 'tanggal pembayaran' ini yang luput belum terisi. Inga2, saat data kontrak berubah maka SPP dan SPM pasti berubah ya.. :)
Selamat bekerja teman..  

Selasa, 09 Juli 2013

Back up data..

Assalamu'alaikum wr wb..

Alhamdulillah mulai nulis lagi.. Setelah lama ga nengok blog sendiri he..he.. Bebersih dulu banyak debu ya.. :)

Marhaban Ya Ramadhan.. 
Alhamdulillah .. Marhaban Ya Ramadhan.. 
Mohon maaf lahir dan batin atas segala khilaf baik sengaja maupun tidak.. 

Yuks, mau nyoba untuk lebih rajin berbagi kisah lagi. Biar ada jejak yang bisa diambil pelajaran.. Setelah beberapa bulan jadi CS, hal yang paling sering terabaikan oleh banyak satker adalah back up data.. Penting banget teman, ngback up data rutin minimal 1 bulan sekali untuk tiap aplikasi yang dimiliki.. Beberapa kejadian fatal yang ditemukan disini adalah penghapusan data secara sengaja oleh oknum  nakal di satker.. Back up data menjadi alternatif solusi jika komputer/laptop kantor terjadi sesuatu misalnya hilang(kejadian juga nih), rusak, atau ga sengaja terhapus, dll.. 

Sebaiknya back up data aplikasi disimpan di komputer lain dan juga eksternal hardisk khusus yang dipegang oleh orang yang terpercaya(bisa KPA/PPK).. Back up data sebaiknya juga berasal dari menu di aplikasi dan juga copy folder dari aplikasi dan database nya, sediakan folder khusus dengan nama bulannya. 

Misal nih :

  1. Aplikasi SPM : back up data dari menu utility -> back up.. Cara kedua copy folder 'aplikasiSPM2013 dan DBSatker(sebelumnya matikan dulu mysql nya).. 
  2. Aplikasi  GPP : back up data dari menu utility -> back up..  Cara kedua copy folder 'aplikasigpp2013 dan Mygpp(sebelumnya matikan dulu mysql nya)..