Kamis, 28 Juni 2012

Bahagia dalam bekerja..

Assalamu'alaikum wr. wb..
Semangat pagi kawan..
Hup yah.. Pagi ini begitu cerah dan segar udaranya.. ;)
Hayooo siapa kah yang merasakan judul diatas??? tunjuk tangan sendiri^^..
Buat sya ada beberapa hal yang membuat sya bahagia dengan pekerjaan sekarang :

1. Ada sebagian kecil dari tugas sya yang sesuai dengan passion, berinteraksi dengan banyak orang dan juga belajar melalui sharing season bersama mereka saat ada permasalahan. Saat apa yang kita kerjakan sesuai dengan passion maka kita punya bahan bakar yang unlimited deh.

2. Kesempatan untuk melakukan hal diluar rutinitas, maka kehidupan kantor akan terasa lebih segar. Rutinitas terkadang mengkungkung kita dan menumpulkan keceriaan akan kedinamisan hidup.. Dalam posisi sya sekarang ada hari-hari tertentu yang kesibukannya agak longgar, so let's play the game.. ;D

pic diambil dari sini
3. Membiasakan positif thingking akan membantu dalam mensyukuri apa yg telah didapat.. Melihat satker-satker yang datang penuh dengan beban, seringkali menyentak kesadaran sya, alhamdulillah beban sya tak seberat itu.. 

Enjoy your life.. Bahagia itu tergantung pilihan kita loh;)..


Rabu, 27 Juni 2012

Selamat datang Pin PPSPM

Alhamdulillah akhirnya aplikasi pendukung untuk penerapan Perdirjen nomor 19/pb/2012 resmi dilaunching di website perbendaharaan.. Dalam waktu dekat, bocorannya tanggal 3 Juli KPPN 132 akan mengadakan sosialisasi tentang PIN PPSPm dan juga aplikasi pendukungnya. Siapa yang diundang ?? So pasti Pejabat Penandatangan SPM lah ya, boleh beserta operator.. 

Pemaparan tentang Pin PPSPM  ada disini ya, bisa juga langsung mengunduh aturan terkait di website resmi perbendaharaan. Mohon maaf sampai sekarang sya belum bisa berbagi file melalui blog ini, klo datang langsung ke KPPN BISA;D..

Dari sisi kami sebagai punggawa KPPN, keberadaan PIN PPSPM adalah sebagai salah satu jaminan keamanan dalam bekerja. Tentunya memacu kami pula untuk lebih teliti dalam pelaksanaan tugas. Sedangkan bagi satker maka ini adalah penegasan dari fungsi ordonatur dalam mengelola keuangan. Bagi para Bendahara maupun operator keberadaan Pin PPSPM adalah pembatas bagi tanggung jawab yang sebenarnya. Tugas masing-masing cukup digoogling saja ya, atau dibaca ulang deh aturan perbendaharaan terkait:D. 

pic diambil dari sini

Selamat malam.. 

Mengenal lebih Dekat Pegawai terbaik tahun 2011..

Assalamu'alaikum wr. wb. 

Selamat sore kawan.. Mulai tulisan kali ini sya ingin memperkenalkan para punggawa KPPN132, sebagai jejak pengingat bahwa sya pernah bersama mereka mengukir sejarah dalam mindset baru Ditjen Perbendaharaan.. Ho ho.. memangnya mau kemana sya?? Iya, sya sedang dalam pengajuan pindah untuk mengikuti suami, doakan ya segalanya dimudahkan dan dipercepat;).. 

Kali ini, sya akan memperkenalkan kembali "Employee of the year 2011". Nama lengkapnya Ibu Luh Gel-gel Alit Sedana, grandma cantik nan energik ini berasal dari Singaraja. Beliau lahir pada tanggal 15 Desember 1961, merupakan anak keempat dari tujuh bersaudara.

Tingkat pendidikan bukanlah halangan untuk terus berprestasi dan menebar inspirasi. Bu Luh, begitu panggilan akrab sehari-hari dari kawan-kawan. Seringkali sya malu dengan kualitas loyalitas dan juga ke-energikan beliau dalam bertugas yang tak terhalang usia. Jika belum kenal dekat, kesan judes dan tegas begitu terasa, padahal beliau adalah sosok yang hangat dan punya empati yang besar dalam mendukung tercapainya tupoksi KPPN132.

foto terbaru diambil di ruangan yg sedang dalam renovasi;)
Gurat kecantikan masih terlihat jelas dari pancaran wajah Ibu Luh, dan kegesitannya mengalahkan kami(punggawa muda;)). Perubahan yang begitu besar dalam institusi kami, bukanlah hambatan baginya, hal ini justru dijadikan sebagai motivasi terbesar untuk meraih prestasi. 

Terima Kasih Ibu atas dedikasi dan juga semangat yang senantiasa berkobar yang mampu menguatkan kami dikala lesu melanda. ^___^


Note : 
*Pemilihan "Employee of the year" dimulai pada tahun anggaran 2010 dan terpilih 2 punggawa terbaik KPPN yaitu Sdr. Heru Susilo dan A. budi Pamuji.. Mereka sekarang bertugas di KPPN Manokwari dan KPPN Denpasar. Adanya pemilihan  "Employee of the year" adalah untuk mengapresiasi kinerja terbaik yang telah diberikan oleh para punggawa KPPN dan juga memotivasi setiap punggawa untuk menghasilkan prestasi terbaik(In my opinion[IMO]).

*Tulisan ini sudah dengan persetujuan Bu Luh ;)

Senin, 25 Juni 2012

Mengenal kembali KPPN

Sebuah catatan ..

Sungguh beruntung saat mulai bekerja disini sebuah kulture baru sedang dibangun.. SDM muda dan bersemangat diberikan "new values".. Hal yang mungkin masih asing ditemui di institusi pemerintahan di tahun 2005.. Sebuah reformasi birokrasi sedang gencar-gencarnya digulirkan... Kembali ke bahasa asal ya.. ini sebagai sebuah renungan saja karena tidak kuasa untuk menahan ide yang berkembang di kepala saat membaca bukunya Pak Hermawan Kartajaya yang "Marketing Service"..

Melayani?? sebuah kata yang dalam maknanya.. Institusi pemerintah melayani tidak dengan tujuan profit namun dengan tujuan mengemban dan mengatur permasalah masyarakat.. Beehh.. berat banget ya.. emang!
Nah, tugas berat kan klo memang sadar jadi civil servant.. Maka bekerja pun diakui sebagai sebuah pengabdian pada tanah air, bukan pada pejabat..

Salahkah jika kemudian  perubahan yang baik ini tak diketahui oleh masyarakat?? Yup perlu informasi yang berimbang ya!.. Selama ini Departemen Keuangan identik dengan Ditjen Pajak dan Bea Cukai, mungkin karena merekalah yang berhubungan dengan penerimaan negara.. KPPN yaitu Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara, dengan tugas utama adalah menyalurkan dana APBN. 

Kami masih harus terus belajar memberikan yang terbaik demi kemajuan bersama sebuah negeri.. Hemm.. Salah satu apresiasi satker "Saya salut dengan para pegawai KPPN, usia tidak menjadi hambatan untuk mengikuti arus perubahan. Kemajuan tekhnologi informasi pun menyentuh mereka". Satker ini pun membandingkan dengan kinerja pegawai di institusi tempatnya bekerja, dimana tak semua pegawai bisa menggunakan komputer dan mau memahami perubahan aturan dan juga sistem. Sungguh sya pun bangga loh dengan kemauan Bapak dan Ibu rekan kerja sya, yang tentunya usianya sepantaran bahkan lebih tua dibandingkan orang tua kandung sya..;)

Semangat Pagi... 


 


Jumat, 15 Juni 2012

SPAN..oh SPAN..

Sya pernah janji kan untuk cerita kunjungan "pejabat" kanpus.. Ada beberapa berita baru yang perlu saya share juga deh..

1. Perkembangan SPAN..

Udah pada tahu kan apa itu SPAN? Klo belum tolong di-googling aja ya.. Yang jelas keberadaan SPAN lahir berdasarkan filosofi untuk lebih mempermudah pengelolaan keuangan negara, memangkas pengulangan-pengulangan proses kerja yang menghabiskan energi dan waktu dan tentunya meningkatkan kinerja pemerintah dalam melayani publik.. Sampai dengan tulisan ini ditulis, sedang diadakan tahap pengujian terhadap aplikasi pendukung sistem kerja SPAN, baik yang nantinya dipergunakan oleh KPPN maupun satker..

Gambaran yang diberikan, nantinya proses kerja di satker lebih sederhana dengan bantuan satu aplikasi untuk semua.. "One for All" gitu kali ya bahasa kerennya.. Jadi mungkin nanti, ga ribet dengan aplikasi yang bejibun ituhhh.. Say goodbye ma aplikasi RKAKL-DIPA(termasuk AFS), SPM, SIMAK-BMN, Persediaan, SAKPA plus pembukuan bendahara via excel.. Nah dengan SPAN didukung dengan tekhnologi informasi yang kuat, so harus mulai bersahabat baik ya dengan internet;)..


Sekilas info SPAN.. in my opinion..


2. Masa Depan KPPN


Dalam beberapa bulan ke depan, klo tidak salah September, akan dilaunching KPPN Percontohan.. Sebagai konsekuensi tentunya para punggawa KPPN 132 dituntut komitmen yang lebih tinggi dari sisi kualitas kinerja dan layanan.. Mohon doa dan dukungannya ya para stakeholder.. Nah, hal ini juga loh yang menyebabkan kondisi KPPN 132 nantinya berubah wajah alias lay out kantornya.. Beberapa satker pernah bertanya ke sya, "Wah, kantornya dirombak lagi ya??".. Jangan heran klo wajah KPPN ga kalah cakep ma lay outnya bank^__^.


Lay out baru KPPN ini akan menyediakan ruang mini TLC (Treasury Leaning Center) yang berfungsi sebagi ruang pintar untuk berbagi pemahaman terkait perbendaharaan baik aturan maupun aplikasi.. So, nantinya ga akan sungkan untuk banyak berdiskusi dalam rangka menyamakan persepsi.. Karena tentunya akan ada petugas yang stand by disana layaknya konsultan ya.. 




3. Service Excellent never ending learning;)..


Yup.. menjadi civil servants itu bagian dari pengabdian.. Tentunya diharapkan oleh masyarakat pada umumnya, dan para stakeholder pada khususnya.. tsaaahh bahasanya berat amat.. Perlu pembelajaran terus-menerus demi mewujudkan pelayanan yang cepat, tepat, transparan dan akuntabel.. 


Dukung kami ya agar bertambah baik dan berkualitas.. ^__^


ga ada sya disini.. ;)



Rabu, 13 Juni 2012

Update Aplikasi SAKPA Versi 06.003

Daftar Perubahan

Penambahan akun berdasarkan Nota Dinas Nomor : ND-984/PB.6/2012
  1. Penambahan akun 155111(Piutang Jangka Panjang Lainnya)
  2. Penambahan akun 156911(Penyisihan Piutang Tak Tertagih-Piutang Jangka Panjang Lainnya)
  3. Penambahan akun 151911 dan 155911 pada table mapping 

#Yang harus dilakukan setelah update aplikasi adalah melakukan proses pengambilan saldo awal ulang terutama untuk satker-satker yang ada transaksi terkait "PIUTANG JANGKA PANJANG LAINNYA" #

Perbaikan dan Penambahan yang terkait dengan dana DAMU
  1. Penambahan menu pengiriman dana DAMU yang ada khusus di KPPN
  2. Perbaikan Penerimaan dana DAMU di Kantor Pusat
#Transaksi ini hanya terjadi di satker KPPN dan Kantor Pusat Perbendaharaan terkait dengan dana DAMU kode satker 999.08.87361#

Perbaikan pada menu rekonsiliasi terkait dengan SPM pengadaan BMN
MPHLBJS tidak diikutkan dalam rekonsiliasi internal SAK dan SIMAK karena tidak diinput di SIMAK BMN

Update APlikasi bisa di download di website resmi Ditjen Perbendaharaan dan juga website seputar kppn

Selasa, 12 Juni 2012

Random Activity..

Sekian lama tak update blog ini.. Ada beberapa perkembangan terbaru dan sudah jadi pembicaraan dimana-mana, diulas lagi ya :

1. Gaji ke-tiga belas tahun 2012. 

Satu minggu ini hampir tiap satker yang mengajukan spm ke KPPN selalu bertanya tentang hal ini, baik yang bertanya tentang aturan, kapan waktu pengajuan spmnya maupun update aplikasi pendukung GPP nya. 

Sejak diterbitkannya PP No. 57 tahun 2012  yang diblow-up media massa, tema gaji ke-tiga belas menjadi trending topic di KPPN. Sabar ya para stakeholder, kami masih menunggu juknis dalam bentuk Peraturan Menteri Keuangan (PMK) sampai dengan Peraturan/Surat Edaran Direktur Jenderal Perbendaharaannya.


2. Tingkat akurasi Perencanaan Kas(Renkas) via aplikasi RKAKL-DIPA.

Masih ingat kan, hampir 3 minggu yang lalu kami menyelenggarakan Bimtek Aplikasi AFS integrated RKAKL-DIPA 2012, saat ini lah kami ingin melihat dampak pelaksanaannya. Jika dilihat dari kedisiplinan mengirim data awal baik itu harian, mingguan dan bulanan sudah ada peningkatan yang cukup signifikan. Namun, ternyata jika dilihat dari tingkat akurasinya masih banyak kendala yang kami hadapi salah satunya perencanaan yang sering meleset dan nilainya melebihi 5% baik di renkas harian, mingguan maupun bulanan. 

PR besar bagi kami untuk membantu para satker untuk meningkatkan kualitas akurasi perencanaan kas ini sebagai amanah dari PMK 192 tahun 2009.  Kendala prioritas yang harus diselesaikan adalah kesamaan persepsi untuk tim pengelola keuangan di tingkat satker. Tanpa adanya kesamaan persepsi maka akurasi yang baik dan tinggi dalam perencanaan kas mustahil terwujud.

Tim pengelola keuangan terdiri dari KPA, PPK, PP SPM, Bendahara, Staf keuangan dan Operator. Seringkali kali dapati hanya sebagian kecil dari tim pengelola keuangan di tingkat satker yang mempunyai kesamaan persepsi terutama di bidang perencanaan kas.. 

kunjungan pejabat kanpus.. ceritanya postingan di postingan selanjutnya ya...;)


Selasa, 05 Juni 2012

Liputan KPPN Mobile..

Alhamdulillah hari kedua pelaksanaan KPPN Mobile berjalan lebih baik.. Wlopun sampai sekarang khusus penerimaan SPM Gaji Induk dan Gaji lainnya yang diharuskan rekon belum dapat dilaksanakan karena ada permasalahan di aplikasi GPP. Namun tidak mengurangi antusiasme satker untuk mengajukan SPM.

layout meja fo sekaligus ruang server
Petugas FO kami sedang melayani satker kemenag jembrana
laptop operasional
satker sedang menunggu  antrian.. tersedia minum dan permen ;)
penampakan samping
Hari pertama kami menerima 73 spm.. Mobil KPPN ini berada di depan pos polisi dekat kantor Bupati.. Warna biru nya cukup mencolok untuk dapat diketahui para satker.

fo dari sudut dalam;)
penampakan utuh 
kursi tunggu cukup menampung 4 orang