Minggu, 06 Mei 2012

Mampukah Dunia Pendidikan menjadi lebih baik??

Jawabannya sangat mampu jika hanya melihat dana yang tertera di APBN. Namun sayang seribu sayang banyak faktor lain yang dominan dan perlu dirubah. Salah satunya adalah mindset tentang pendidikan, perlu pelurusan bahwa pendidikan adalah upaya membentuk generasi terbaik dengan kepribadian baik. 

Ingatan sya melayang pada lagu Oemar Bakri yang dilantunkan Iwan Fals, ketika pendidik memberikan pengabdian terbaiknya untuk negeri.. Bukan materi sebagai penghargaan terbaik, namun prestasi anak didiklah yang menjadi kebanggan untuk konsisten dalam mengabdi. 

Merubah mindset bukan perkara mudah jika sudah terbentur pada sistem yang keropos dan kecacatan yang membudaya. Perubahan nyata perlu dukungan semua pihak. Perbaikan yang mendasar melibatkan aspek lain mulai dari perpolitikan, ekonomi, sosial masyarakat, hankam baru akan berbuah perubahan yang signifikan. Karena pendidikan yang baik memerlukan sinergi dengan seluruh aspek tadi dalam pengaturannya di kehidupan. 

Perubahan itu mampu dilakukan, langkah nyata menggunakan APBN dengan benar untuk membantu meningkatkan kualitas pendidikan sebagai salah satu upaya kecil!. 

Wahai para pendidik berikanlah yang terbaik dari potensi yang anda miliki untuk membentuk generasi terbaik!. 

Catatan yang muncul dari hasil diskusi dengan salah satu pendidik. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar